Laman

Macam-macam Os pada Hp

0   komentar



Berikut macam – macam OS pada handphone :
  1. Android                                          
  2. Symbian                                             
  3. Apple                                                   
  4. Black Berry                                     
  5. windows mobile                             
  6. Palm                                                      
  7. Bada                                                 


Berikut penjelasan secara rinci mengenai OS pada handphone di atas :
1. OS Android
Kelebihan Android OS :
- Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
- Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android.
- Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android)
- Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang lag atau bahkan terkena virus.
Kekurangan Android OS:
- Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya
- Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
- Masih sedikit yg memakai OS ini

2. Symbian
Ponsel yang sudah mengaplikasikan Symbian OS memiliki kemampuan yang lebih
dibanding dengan generasi sebelumnya, hal ini dikarenakan system operasi
ini dibekali dengan kemampuan:
· Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel
· Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi
sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa
dan konten)
· Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudah
diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi
teknologi dan pemrograman interfaces (APIs)
· Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.
· Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan
inovasi yang diinginkan
· Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin
keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.

3. Apple
Kita tau bahwa Apple Inc, merupakan salah satu perusahaan yang selalu berinovasi dengan berbagai jenis gadget dan software dan perangkat IT yang tidak hanya fungsional namun juga mendukung lifestyle. segala sesuatu yg diluncurkan oleh apple memang selalu menjadi trendsetter dunia
Berbagai produknya telah menjadi trendsetter, dimulai denganMacbook yang telah menjadi perangkat kepercayaan untuk desain grafisnya, iPod – portable media player terlaris di dunia yang berhasil menumbangkan Sony Walkman sebagai raja portable media player sebelumnya, iPhone – telepon stylish yang bisa dibanggakan penggunanya dengan fitur touchscreen yang sangat intuitif dan user friendly.
Selain itu Apple Inc. juga demikian terkenal dengan sistem operasi MacOS yang juga sangat user friendly, desain elegant, dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, serta tidak rentan terhadap virus seperti Microsoft Windows. Software Itunes juga tidak kalah menghebohkannya, yang mengubah paradigma penikmat music di dunia, dimana keeping CD sudah bukan cara terbaik untuk memiliki sebuah lagu dari penyanyi favoritnya.
Pada tanggal 27 Januari 2010 yang lalu, Apple Inc. mengumumkan produk terbarunya yang diberi nama iPad, sebuah komputer tablet yang diperkuat dengan OS yang digunakan pada iPhone. Secara umum perangkat ini merupakan pengembangan dari iPod Touch dan iPhone, meski fungsi telepon tidak disematkan pada gadget ini. Perangkat ini kembali menjadi salah satu gadget yang sudah dinantikan penikmat IT di seluruh dunia.
Pada tanggal 3 April 2010 yang lalu, perangkat ini secara resmi diluncurkan meski sayangnya baru terbatas pada kawasan United States. Pada hari pertama penjualannya ratusan orang rela antri berjam-jam, bahkan sampai menginap di depan toko untuk berlomba menjadi orang pertama yang memiliki gadget tersebut, seperti terlihat pada peluncuran produk-produk Apple Inc. sebelumnya, dan sebanyak sekitar 300.000 unit berpindah tangan ke pembelinya dalam kurun 1 hari.
Lalu, apa yang menjadi kelebihan iPad sehingga sedemikian larisnya? Mari kita simak fitur unggulan yang menjadikannya sebagai gadget dengan berbagai kelebihan dibanding pesaingnya.
Fitur unggulan iPad Apple :
    • Layar 9,7 inci LED multitouch, Resolusi 1024×768 pixel dengan 132 pixel per inci,mendukung penulisan banyak bahasa dan karakter secara bersamaan

    • Baterai Apple iPad Daya tahan hingga 10 jam waktu aktif dan satu bulan waktu standby

    • Koneksi Nirkabel Apple iPad akan tersedia dalam berbagai pilihan koneksi. Dari sisi koneksi data nirkabel, iPad akan memiliki kemampuan WiFi 802.11n dan juga koneksi 3G (pada tipe tertentu).

    • Browser Safari untuk akses web.

    • Mail untuk membaca e-mail.

    • Photos untuk mengelola arsip foto.

    • Video untuk memutar file video.

    • YouTube untuk melihat video langsung ke YouTube tanpa melalui webnya.

    • iPod untuk memainkan musik

    • iTunes untuk mengunduh musik dan video

    • App Store untuk mengunduk aplikasi

    • iBooks untuk membaca dan mengunduh e-book dari iBooks Store

    • Maps untuk melihat peta resolusi tinggi dari satelit dan Street View Images.

    • Notes untuk membuat catatan bebas.

    • Calendar untuk membuat agenda.

    • Contacts untuk mencatat data telepon, email, dan web teman.

    • Home screen untuk mengatur tampilan layar

  • Spotlight search untuk melakukan pencarian cepat di semua bagian hanya dengan mengetikkan keyword.
Meski begitu, Apple iPad tetap dinilai memiliki banyak kekurangan. Inilah yang menjadi alasan konsumen untuk tidak buru-buru mengadopsi gadget kinclong dari Apple ini.
Beberapa kelemahan iPad:
    • Ukuran display yang tidak terlalu besar ( aspek rasio 4:3, lebih kecil dari standard 16:9 seperti di iPod)

    • Tidak multitasking

    • Tidak ada camera

    • Keyboard touch

    • Tidak ada port HDMI

    • Tidak support Adobe Flash

    • Tidak ada port USB

    • Tidak support T-Mobile 3G (menggunakan microSIM yang jarang digunakan di device manapun)

    • Hanya dapat memutar video 480p

    • Tidak Full GPS (hanya memasukkan A-GPS via Wi-Fi dan 3G)

    • Tidak ada slot SDcard

    • Tidak ada Open SDK (Software Development Kit)

  • Baterai tidak bisa diganti
Di antara sederet kelemahan itu, tak adanya Adobe Flash pada iPad menjadi salah satu kelemahan yang paling dicecar berbagai kalangan. PC World bahkan menulis perbandingan iPad, yang tanpa Flash, dengan HP Slate, yang mendukung Flash. Alan Tam dari Adobe mendemonstrasikan HP Slate yang mengakses sebuah situs web secara penuh dan “bukan hanya sebagian dari situs web itu”. Ini karena Slate menggunakan Flash.
Tam menjelaskan bahwa 85 persen dari 100 situs web terkemuka menggunakan Adobe Flash, dan 75 persen dari semua video di situs web tersebut bergantung pada teknologi Flash. Statistik tersebut memang terkesan kurang menguntungkan bagi iPad. Kendati demikian, itu tak mengubah fakta bahwa pengguna iPad tetap akan bisa menonton video di YouTube, mendengarkan streaming musik dari Pandora, atau berinteraksi dengan web seperti yang telah dilakukan para pengguna iPhone atau iPod Touch.
Selama bertahun-tahun, masih menurut PC World, belum ada pengguna yang benar-benar komplain mengenai ketiadaan Flash di dua perangkat yang juga diproduksi Apple itu. iPad memang tak luput dari kelemahan. Tapi faktanya, ia juga punya banyak kelebihan.

4. Blackberry
BlackBerry OS adalah sistem operasi hanya digunakan oleh smartphone BlackBerry buatan RIM (Research In Motion). Sangat diminati Karena kemampuan push emailnya juga desain keyboard QWERTY sangat nyaman bila digunakan untuk meng-entry teks secara cepat dan tepat, sehingga cocok untuk disebut sebagai smartphone khusus untuk beremail ria. Tahun diperkenalkan 1994.
- Kelebihan : merupakan multiple Push Email yang terbaik saat ini, sinkronisasi nirkabel (tanpa kabel seperti Bluetooth dan infra red) yang lengkap, sistem keamanan berlapis yang menjamin keselamatan data penting kita.
- Kekurangan : browser Web masih kurang bagus, ada biaya tambahan untuk menikmati layanan BlackBerry yg kita pakai, sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi

5. windows mobile
Windows Mobile sendiri dibagi 2, yaitu versi Standard untuk ponsel non-touchscreen dan versi Professional untuk ponsel layar sentuh.
- Kelebihan : fitur kantoran yang sangat lengkap ditambah integrasi dengan layanan Microsoft Outlook dan Exchange menjadikan Windows Mobile perangkat smartphone paling powerful bagi para pebisnis, kemudahan tweaking, kapabilitas multitasking menjadi andalan OS ini
- Kekurangan : kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, sistem operasi terkesan lambat, kurang responsif serta agak boros baterai, lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.

6. Palm
Kelebihan Palm OS adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
Kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm

7. Bada
Perkembangan dan perang OS antara Symbian OS  dan Android OS  (google developer) makin panas setelah Samsung meluncurkan sistem operasi terbaru besutan Samsung.   Samsung baru saja mengumumkan versi terbaru dari Bada, yakni Bada OS 2.0.
Secara harafiah, kata “Bada” sendiri diambil dari bahasa Korea yang artinya Samudera Dalam. Latarbelakang samsung menggunakan kata tersebut agar Samsung  membuktikan kepada para pesaingnya terutama OS yang sudah populer seperti Android ataupun Symbian, bahwa OS Bada akan membawa perubahan besar dalam meraih pangsa pasar dikemudian hari nanti. Rencananya OS Bada ini akan disematkan disemua lini produk samsung. Mulai hape kelas low end, Mid End hingga kelas High end (Smart Phone).
Inilah Beberapa fitur baru yang ditawarkan Bada OS 2.0 :
1. Dukungan NFC (seperti Android 2.3 Gingerbread)
2. SDK baru (dapat digunakan pada komputer berbasis Mac dan Linux)
3. Multitasking
4. Tampilan UI dan UX yang lebih baik
5. Dukungan aplikasi jejaring sosial pihak ketiga
6. Peningkatan fitur keamanan
7. dukungan revenue model (tarif operator, layanan iklan).
Versi terbaru dari Bada yang banyak digunakan adalah versi 1.2 dan ada 6 smartphone berbasis Bada OS 1.2 yang ada dipasaran, di Indonesia sendiri ada dua smartphone Bada OS 1.2 yakni Samsung Wave 525 dan Wave 533.
Adapun kelebihan dan kelemahan dari BADA OS adalah :
Kelebihan :
1. Banyak game,aplikasi yang menjadi nilai tambah pada fitur yang sudah ada.
2. Kita bisa membuka banyak aplikasi yang kita instal/download sesuai format yang mndukung dengan hp kita
Kelemahan :
1. Banyaknya aplikasi yang di-instal, hp jadi mudah lambat dapat memproses nya.


Itulah sekilas apa yang dapat kami bagi,
ditunggu commen nya

sumber : www.androbana.blogspo.com