Halaman

Review Android Terbaru "Jelly Bean"....

0   komentar






Android Jelly Bean merupakan sistem operasi mobile baru dari Google yang pada dasarnya setara dengan tuning dari versi sebelumnya. Semenjak kehadiran versi android 2,3 sampai 4-0 perkembangan smartphone dan tablet Android semakin pesat bahkan yang paling pesan berada saat versi android 2,3 atau gingerbread. Dan inilah fitur Android Jelly Bean yang membedakan dengan Android Ice cream sandwich.


Notifikasi

Perangkat yang yang sudah menggunakan OS ini adalah Tablet Google Nexus 7 dan Smartphone Galaxy Nexus. Sampai saat ini masih belum ada perangkat lain yang mensupport Android Jelly Bean. Saat pertama kali melihat OS ini kita mungkin akan langsung tertuju pada fitur notifikasi pull-down yang berada di bagian atas screen. Begitu menu ini kita tarik kebawah maka akan terpampang dengan jelas notifikasi dari pesan, email, twitter dan lain sebagainya.

Kamera dan Galeri

Pada dasarnya fitur kamera tetap sama seperti versi Ice Cream Sandwich,Android Jelly Bean memiliki kemampuan untuk melihat foto dan menghapusnya dengan cepat bila kita tidak menyukai hasil tangkapan kamera. Fitur Gallery yang dimiliki Android v4.1 ini mirip seperti kamera pada iOS dan Windows Phone yaitu mengusung tampilan FilmStrip. Kita hanya perlu menggesek – gesekkan jari ke kiri dan kekanan untuk melihat foto hasil tangkapan kamera.


Keyboard

Fitur lain yang turut mengalami perubahan adalah Keyboard seperti Swiftkey dan swype yang lebih akurat dan responsif. Juga dapat berfungsi sebagai text guest yang otomatis menebak kata yang akan kita tulis. Sepertinya google sudah belajar banyak dari beberapa versi android sebelumnya. Keyboard ini sudah terintegrasi dengan fitur voice to text dengan memberikan tombol khusus yang berada disamping kiri spasi, kita hanya tinggal menekan tombol tersebut lalu bicara maka suara kita akan di ubah menjadi text. Jika kita bosan dengan warna hitam keyboard ini, ada beberapa pilihan warna yang diberikan oleh OS android Jelly Bean.
Android Jelly Bean

Android Jelly Bean Widget

Smartphone yang kita miliki tentu membutuhkan widget cantik untuk menghiasi homescreen. Android Jelly bean juga memberikan itu, tapi kali ini memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran widget sesuai keinginan kita atau jika tidak mau repot kita bisa meresize secara otamatis dan memindahkan widget dari posisi awal. Proses perpindahan icon atau widget ini mirip seperti pada iOS, saat kita menggesernya dari tempat awal ketempat lain maka icon yang lainnya akan memberi jalan atau memberi tempat pada icon yang akan kita pindah tersebut. Berbeda dengan OS android sebelumnya, yang mengharuskan kita untuk memindah widget secara manual atau menghapusnya dahulu agar bisa ditempat oleh widget lain yang kita kehendaki.


Kesimpulan

Pada dasarnya tidak terlalu banyak yang berubah pada fungsi fitur Jelly bean dibanding dengan ICS 4.0 hanya seperti men-tweak theme atau merubah tampilan saja. Pembaruan OS android ini mungkin dianggap terlalu cepat oleh sebagian orang karena versi Ice Cream Sandwich saja masih belum merata penyebarannya. Jika Anda tertarik dengan dunia hacking, saat ini tersedia ROM Jelly Bean yang sudah menanti kita untuk mengembangkan sendiri Android Jelly Bean agar dapat terintegrasi dengan smartphone yang kita miliki.
Sebenarnya masih banyak lagi fitur penting yang teintegrasi dengan Android Jelly Bean, mungkin lain waktu akan kami lanjutkan pembahasan ini atau silahkan coba sendiri OS Jelly Bean menggunakan Emulator Android.

sumber : eragadget.com